Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 BAB 2 Klasifikasi Makhluk Hidup

Hallo selamat datang kembali sahabat semua di blog ruangsiswa.id, pada kesempatan ini kami akan berbagi Rangkuman Materi IPA kelas 7 Kurikulum 2013 BAB 2 Klasifikasi Makhluk Hidup. Okey langsung saja Kita ke Materi IPA BAB 2.

Rangkuman Materi IPA Kelas 7 BAB 2 Klasifikasi Makhluk Hidup Kurikulum 2013

Istilah-istilah Penting:
Makhluk Hidup, Benda Tak Hidup, Klasifikasi, Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia

Kelas 7 Rangkuman Materi IPA BAB 2 Klasifikasi Makhluk Hidup


Segala sesuatu yang ada di sekitar kita terdiri atas benda-benda. Perhatikan air yang biasa diminum, udara yang dihirup setiap saat, atau uang logam yang digunakan sebagai uang jajan. Tersusun atas
apakah benda-benda tersebut? Air (H2 O) merupakan zat cair yang tersusun atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O). Udara yang dihirup merupakan gas oksigen. Uang logam merupakan zat padat yang terdiri atas campuran tembaga dan perunggu.

Coba perhatikan meja belajar dan tumbuhan. Apa bedanya meja belajar dan tumbuhan yang ada di sekitarmu? Apakah tumbuhan mempunyai kemampuan untuk tumbuh dan berkembang, bernapas,
dan berkembang biak? Bandingkan ciri-ciri tumbuhan tersebut dengan ciri-ciri meja belajar. Apa beda tumbuhan dan kucing piaraanmu? Secara garis besar, benda-benda di alam semesta ini terdiri atas benda hidup (makhluk hidup) dan benda tak hidup. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Dalam bab ini, kamu akan mempelajari karakteristik benda hidup (makhluk hidup)
dan benda-benda tak hidup yang ada di lingkungan sekitar serta bagaimana mengklasifikasikannya.

Kamu akan kagum terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan bumi beserta segala isinya. Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan berbagai jenis makhluk hidup dengan sangat teratur. Tuhan Yang Maha Esa juga menciptakan alam semesta ini dengan sempurna, seperti air, udara, hutan, batuan, dan berbagai macam mineral yang terdapat dalam perut bumi. Oleh karena itu,
kamu wajib selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan kamu sebagai
makhluk yang paling sempurna. Kamu juga wajib menjaga alam semesta ini agar tetap lestari dan tidak dicemari oleh, berbagai macam zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan karena itu kamu harus bersungguh-sungguh mempelajari karakteristik benda-benda di sekitarmu. Kemudian mengklasifikasikannya berdasarkan sifat-sifat atau ciri-ciri dari benda-benda tersebut.

Rangkuman

Tujuan umum klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup.
Makhluk hidup diklasifikasi berdasarkan 3 hal, yaitu:

  1. Persamaan dan perbedaan,
  2. Ciri bentuk tubuh (morfologi) dan alat dalam tubuh (anatomi), serta 
  3. Manfaat, ukuran, tempat hidup, dan cara hidup.



Takson merupakan urutan klasifikasi makhluk hidup, mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah, yaitu kingdom (dunia), filum (untuk hewan) atau divisio (untuk tumbuhan), class (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), dan spesies (jenis). Kunci determinasi merupakan kunci yang dipergunakan untuk menentukan filum atau divisi, kelas, ordo, familia, genus, atau spesies. Dasar yang dipergunakan adalah identifikasi dari makhluk hidup dengan menggunakan kunci dikotom.

Demikianlah pembahasan mengenai Rangkuman Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 BAB 2 Klasifikasi Makhluk Hidup, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 BAB 2 Klasifikasi Makhluk Hidup"

Berlangganan via Email